Proses Pengolahan Limbah Organik dengan Black Soldier Fly

Proses Pengolahan Limbah Organik dengan Black Soldier Fly - REEDNIV


Kali ini saya akan share ebook tentang Proses Pengolahan Limbah Organik Menghasilkan Black Soldier FlyPengelolaan sampah di daerah perkotaan merupakan salah satu hal yang paling mendesak dan merupakan permasalahan lingkungan yang serius, dihadapi oleh pemerintah di negara berpendapatan rendah dan menengah. Tantangan yang semakin berat ini akan terus meningkat karena adanya trend urbanisasi yang terjadi dan tumbuh dengan cepat di populasi masyarakat perkotaan.

Karena meningkatnya tekanan dari masyarakat dan kepedulian terhadap kondisi lingkungan, para ahli sampah dunia terpanggil untuk mengembangkan metode berkelanjutan yang berhubungan dengan sampah perkotaan, yang
mengusung konsep sebuah perputaran ekonomi.
Daur ulang sampah organik (biowaste) masih terbatas, khususnya di daerah berpendapatan rendah dan menengah, padahal sampah jenis tersebut yang menjadi kontributor terbesar dari sampah perkotaan yang dihasilkan.

Buku ini menjelaskan tentang sampah organik perkotaan di daerah urban yang berasal dari sampah rumah tangga, aktivitas komersial, dan institusi. Buku ini akan menjelaskan proses konversi biowaste menggunakan larva serangga, misalnya Black Soldier Fly (BSF), Hermetia ilucens, sebuah pendekatan yang telah menjadi perhatian pada dekade terakhir ini.

Penggunaan larva dari serangga ini sebagai pengolah sampah merupakan suatu kesempatan yang menjanjikan, Karena larva BSF yang dipanen tersebut dapat berguna sebagai sumber protein untuk pakan hewan, sehingga dapat menjadi pakan alternatif pengganti pakan konvensional.

Perusahan-perusahaan besar dan beberapa pengusaha kecil telah menginvestasikan dana untuk mengembangkan teknologi ini. Mereka juga tertarik dengan keuntungan yang didapatkan mengingat bahwa teknologi ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan fasilitas terjangkau dengan biaya rendah. Meskipun publikasi secara akademik tentang BSF mengalami peningkatan, namun adanya campur tangan dari pihak pebisnis dan minat kompetisi menghambat adanya diskusi terbuka untuk pengembangan yang lebih lanjut, terutama untuk membangun fasilitas pengolahan sampah menggunakan larva BSF. Hal inilah yang menjadi fokus utama dari buku ini.

Buku ini dibuat berdasarkan pengalaman yang melakukan operasional pengolahan sampah organik sebesar satu ton sampah perhari di fasilitas pengolahan di Indonesia, yang telah dioperasikan lebih dari dua tahun dan satu tahun operasional di fasilitas uji coba di Swedia.

Sampah yang diolah di fasilitas yang ada di Indonesia kebanyakan adalah sampah buah dan sayur dari pasar. Peningkatan skala atau transfer
informasi ke fasilitas yang lebih besar mungkin membutuhkan beberapa adaptasi dan penyesuaian peralatan walaupun menurut kami standar prosedur yang dideskripsikan di buku ini sesuai untuk skala yang lebih besar.

Sekian penjelasan tentang ebook Proses Pengolahan Limbah Organik dengan Black Soldier Fly untuk lebih jelasnya Anda bisa mendapatkan Ebook ini secara gratis, silahkan download dibawah ini